Setup WDS di Router Wireless TPLink dengan OpenWRT

Setelah berlangganan layanan broadband First Media dan menggunakan wifi router TPLINK MR3420 v1 yang sudah terpasang OpenWRT (GoldenOrb dengan basis Chaos Calmer) dirasa kurang maksimal penggunaannya, ingin menambahkan fitur exroot namun ram terbatas untuk load aplikasi lainnya (samba, vpn, dll) .. percuma jika storage lega namun akses lemot dan kemungkinan juga servicenya akan mati berdasar dari wiki OpenWRT. Maka diputuskan untuk membeli lagi device yang memiliki spesifikasi hardware lebih tinggi dari MR3420 (4MB flash, 16MB ram) ke WDR4300 (8MB flash, 128MB ram).

Alasan saya memilih GoldenOrb adalah berdasar recent release 1 April 2016 dengan support kebanyakan wifi router keluaran TPLINK, maka saya akan pasang juga firmware ini di WDR4300 v1.6. Link download silahkan langsung kesini dan untuk table kompabilitas hardware silahkan cek kesini.

Cara install dari vendor firmware pada TPLINK ke firmware OpenWRT ;

Sekarang kembali lagi ke problem yang saya temui, wifi router di lantai satu tidak memberikan sinyal yang baik pada lantai dua. Maka saya flash wifi router MR3420 dan WDR4300 dengan OpenWRT dan menempatkan WDR4300 (selanjutnya kita akan sebut master router karena sebagai sumber internet) di lantai satu yang akan mendistribusikan wifi (WDS) ke lantai dua di MR3420 (selanjutnya kita sebut client router). Karena kita akan menggunakan WDS makan kita dapat memakai IP dalam satu segment di 192.168.1.0/24. Mari saya pandu untuk langkahnya;

1.       Sambung PC ke router via LAN dengan kabel (jangan gunakan wifi) dan setup IP di segment yang sama atau set ke DHCP.
2.       Browse dan login ke router anda di alamat http://192.168.0.1
3.       Pilih System Tools lalu ke Factory Defaults untuk memasikan kondisi setting pabrik.
4.       Tunggu sampai selesai dan otomatis restart lalu login kembali seperti langkah 1.
5.       Setelah login masuk ke System Tools lalu ke Firmware Upgrade.
6.       Pilih di Browse dan arahkan ke file yang anda telah download tadi.
7.       Pilih Upgrade untuk memulai proses flashing firmware OpenWRT.
8.       Tunggu prosesnya sampai selesai maka router akan restart sendiri.
9.       Cabut kabel LAN dan pasang kembali untuk mendapatkan IP segment yang baru.
10.   Browse dan login ke router anda di alamat yang baru di http://192.168.1.1
11.   Akan ada pemberitahuan bahwa anda belum setup password pada router, lakukan seperlunya.
12.   Selesai, sampai langkah ini anda sudah berhasil memasang firmware OpenWRT di wifi router anda.


Setting Master router (WDR4300)

1.       Pastikan master router (WDR4300) menggunakan IP 192.168.1.1
2.       Login ke master router dan lihat pada Network> Wireless
3.       Disini akan terlihat 2 SSID yaitu OpenWRT (keterangan master dan aktif) dan openssid (keterangan client dan disabled)
4.       Edit pada SSID openssid dan rubah pada opsi Mode ke Access Point (WDS) dan di Tab General Setup pastikan pada opsi bagian Networkpindahkan dari WAN ke LAN, jika diperlukanpilih tab Wireless Security dan tambahkan keamanan dengan WPA2 dan input password seperlunya
5.       Jika sudah save & apply, sampai sini master router sudah selesai di setup.

Setting Client Router (MR3420)


1.       Pastikan client router (MR3420) menggunakan IP 192.168.1.2
2.       Login ke client router dan lihat pada Network> Wireless
3.       Disini akan terlihat 2 SSID yaitu OpenWRT (keterangan master dan aktif) dan openssid (keterangan client dan disabled), DELETE SSID openssid yang tertera. Kita akan membuat manual dari awal.
4.       Sebelum membuat SSID yg menghubungkan antara client router ke master, kita perlu setup IP pada bagian Network > Interface, set pada bagian IPv4 gateway ke IP master router yaitu 192.168.1.1 dan pada custom DNS serverarahkan juga ke IP yang sama.
5.       Dan yang paling penting matikan DHCP server pada client router (MR3420) karena kita akan mendapatkan IP dari DHCP server yang berada di master router (WDR4300). Pada bagian DHCP server beri check pada Ignore Interface.
6.       Sekarang kembali lagi ke bagian Network > Wireless
7.       Kita akan scanning wifi WDS dari master router, pilih pada Scan
8.       Pada Join Network: Wireless Scan akan terlihat openssid yang telah kita setup tadi, pilih Join Network
9.       Pada bagian Join Network: Settingsmasukkan password WPA2 (yang sama ketika kita set di master router), rubah Name of the new network ke LAN WDS dan set firewall zone ke LAN lalu pilih Submit
10.   Jika berhasil settingannya maka akan kembali ke openssid Interface Configuration
11.   Rubah mode ke Client (WDS) dan pastikan Networkdari WAN ke LAN
12.   Lakukan save & apply, jika berhasil akan terlihat list associated openssid di bawah list.
13.   Sampai disini anda sudah berhasil melakukan koneksi dari client router ke master router menggunakan SSID : openssid, nah sekarang supaya di lantai 2 juga dapat menggunakan internet dengan SSID OpenWRT seperti di lantai satu maka kita akan edit sedikit SSID OpenWRT
14.   Edit pada OpenWRT dan rubah mode ke Access Point (WDS) dan pastikan Networkke LAN dan pastikan security yang sama seperti di master router.
15.   Selesai
 
Sekarang di lantai 2 akan mendapatkan akses wifi via SSID OpenWRT persis seperti di lantai satu dan mendapatkan fitur roaming yang artinya jika anda berpindah dari lantai 2 (terhubung dengan client router) ke lantai 1 maka aka otomatis terhubung ke master router dengan sinyal yang lebih kuat dan tidak perlu manual connect dari device anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HummingBad alias Shedun Ancaman Baru Perangkat Android

Adobe Acrobat Reader DC 2015.016.20041

Alasan Mengapa Smartphone China Punya Harga Murah